TASPEN Imbau Seluruh Audien untuk Lindungi Angka Pribadi

TASPEN Imbau Seluruh Audien untuk Lindungi Angka Pribadi

JAKARTA – PT TASPEN (Persero) sebagai perusahaan milik negara yang digunakan bergerak di tempat bidang asuransi sosial, mengimbau seluruh peserta, baik ASN berpartisipasi maupun pensiunan, untuk tetap saja waspada kemudian pada menerima arahan yang dimaksud mengatasnamakan TASPEN, khususnya yang digunakan berisi permintaan pembaruan data melalui WhatsApp.

Modus yang kerap ditemukan meliputi adanya instruksi dari nomor tiada dikenal yang mana memohonkan partisipan mengisi atau mengirimkan data pribadi melalui tautan tertentu. TASPEN menyampaikan bahwa arahan yang dimaksud tiada berasal dari TASPEN juga tidak ada mewakili komunikasi resmi perusahaan.

Untuk melakukan konfirmasi ketepatan data juga kelancaran layanan, kontestan bergerak maupun pensiun diimbau untuk melakukan pembaruan data sesuai dengan kondisi terkini, sebagai berikut:

• Pembaruan data bagi kontestan bergerak perlu dilaksanakan apabila terjadi pembaharuan data pribadi, maupun status keluarga seperti penambahan atau pengurangan pasangan maupun anak. Proses pembaruan ini dijalankan melalui instansi pemerintah wilayah (pemda) tempat kontestan bekerja.

• Bagi partisipan pensiun, pembaruan data terbagi pada dua kategori, yaitu Pembaruan Fakta Finansial, yang mana mencakup perbaikan Surat Keputusan (SK) apabila terdapat penyesuaian terhadap besaran pensiun pokok (penpok), perbaikan SKPP (Surat Keterangan Penghentian Pembayaran) apabila terdapat kewajiban pembayaran utang, pembaharuan komponen tunjangan keluarga, seperti penambahan atau pengurangan pasangan juga anak; dan juga Pembaruan Informasi Non-Finansial, yang mana meliputi perpindahan juru bayar lalu inovasi alamat domisili.

Peserta dapat melakukan pelaporan pembaharuan data secara mandiri melalui layanan perangkat lunak mobile Andal by TASPEN, website tos.taspen.co.id, atau datang ke kantor cabang TASPEN terdekat.

Diharapkan pembaruan data dijalankan secara tepat dan juga sesuai kebutuhan, guna menjamin kelancaran pelayanan juga terpenuhinya hak-hak partisipan secara optimal. Sebagai bentuk komitmen terhadap pemeliharaan data peserta, TASPEN menegaskan bahwa seluruh informasi diberikan melalui kanal resmi www.taspen.co.id, akun resmi media sosial TASPEN kemudian call center 1500 919.

Direktur Operasional, Ariyandi, menjelaskan “Keamanan Perlindungan data kontestan merupakan komitmen utama TASPEN. Beragam teknologi terkini telah dilakukan diterapkan guna menjamin keamanan informasi pribadi peserta, sehingga data yang dikelola tetap memperlihatkan terlindungi dari kemungkinan penyalahgunaan oleh pihak yang mana tak berwenang.”

Upaya ini selaras dengan arahan Kementerian BUMN melalui Menteri BUMN, Erick Thohir, yang digunakan menekankan pentingnya transparansi juga pelayanan prima dari seluruh perusahaan BUMN demi kepentingan penduduk Indonesia.

Karena itu, pihaknya menghadirkan seluruh kontestan untuk selalu memverifikasi informasi melalui kanal resmi juga menghindari membagikan data pribadi untuk pihak yang dimaksud tak jelas keabsahannya. Imbauan ini merupakan langkah preventif dengan di menjaga keamanan data dan juga mewujudkan ekosistem digital yang dimaksud aman serta terpercaya bagi seluruh kontestan TASPEN.